Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NPL Kartu Kredit BNI Melonjak Menjadi 8 Persen

Kompas.com - 15/08/2009, 17:55 WIB

 TANGERANG, KOMPAS.com - Tingkat kredit bermasalah (non performing loan/npl) kartu kredit Bank Negara Indonesia (BNI) naik menjadi 8 persen di tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 7 persen.

Demikian disampaikan VP Credit Card BNI Grace Pong Sama, Sabtu (15/8). "NPL relatif sama ya. Tahun ini 8 persen kalau tahun lalu itu sekitar 7 persen," kata Grace, di sela-sela Review Bisnis BNI, di Tangerang, Sabtu (15/8).

Kenaikan NPL ini, menurut Grace, disebabkan oleh dampak krisis ekonomi global yang masih terasa hingga kini. Selain itu, berbagai perangkat kebutuhan masyarakat juga semakin mahal seiring dengan naiknya harga bahan pokok ataupun pendidikan. "Sehingga saat ini orang mengatur untuk pembayaran itu kerepotan," cetusnya.

Kendati demikian, tambah Grace, pihaknya optimistis dapat menambah nasabah baru kartu kredit sebanyak 250.000 di akhir 2009 ini. Ia meyakini, pangsa pasar kartu kredit masih cukup besar atau sekitar 10 juta orang yang belum tergarap hingga kini.

"Optimislah bisa. Kalau dari data BPS (Bada Pusat Statistik) itu ada 20 juta orang yang potensi mendapatkan kartu kredit. Sekarang baru ada 11 juta, jadi masih ada 10 juta. Ini butuh trust," pungkasnya.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com