Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bernanke, Gubernur The Fed pada Era Paling Sulit

Kompas.com - 31/08/2009, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Selain investor, pialang saham, CEO perusahaan besar, dan pelaku industri, orang yang paling pusing karena krisis di AS adalah Gubernur Bank Sentral Ben Bernanke. Daya dan upaya dilakukan agar dapat membantu perekonomian AS dari hantaman badai krisis di tengah hujan kritik.

Sosoknya yang botak dan berjenggot putih sering muncul di televisi ataupun koran pada masa-masa terkelam perekonomian AS dan dalam 70 tahun terakhir. Pernyataan-pernyataannya selalu ditunggu, bahkan dapat menentukan arah pergerakan pasar saham.

Awal pekan ini Presiden AS Barack Obama kembali mencalonkan Ben Bernanke (55) sebagai Gubernur Bank Sentral AS untuk masa jabatan kedua. Penunjukan tersebut hanya tinggal menantikan ketuk palu dari Senat AS. Sebelumnya muncul rumor bahwa Timothy Geithner, Menteri Keuangan AS sekarang, akan dijagokan Obama menggantikan Bernanke. Rumor itu pupus.

Bernanke akan menjalani lagi masa tugas selama empat tahun ke depan untuk bergulat dengan tantangan lain. Tantangan itu antara lain meluncurkan banyak program untuk menyelamatkan ekonomi. Jabatan periode kedua Bernanke jelas tak akan mudah. Tampaknya waktunya juga akan dihabiskan untuk memikirkan kembali regulasi lembaga keuangan AS untuk meminimalkan risiko. Bernanke termasuk tokoh yang yakin bahwa aksi-aksi spekulasi di sektor keuangan, dan bisnis yang liar, menjadi penyebab utama krisis.

Bernanke pernah mengecam AIG (lembaga keuangan terbesar AS dengan fokus pada asuransi), yang justru telah berulah seperti spekulan. Itu adalah ucapan ”paling kasar” Bernanke, yang sebenarnya selalu tampil kalem, bahkan misterius. Hujan kritik dari mereka yang tidak paham kerusakan sektor keuangan, warisan dari era Presiden George W Bush, membuat Bernanke keceplosan. Kini Bernanke gencar mendorong regulasi sektor keuangan dan memperkuat otoritas sektor keuangan untuk mengawasi lembaga-lembaga keuangan.

Belajar dari depresi

Apa kira-kira yang membuat Bernanke ditunjuk kembali? Tidak ada pernyataan eksplisit dari Presiden Obama soal itu, kecuali menyebutkan bahwa dia membutuhkan Bernanke. Namun, dari sepak terjang Bank Sentral AS, terlihat bahwa Bernanke paham soal cara mengatasi krisis, dari sisi perannya sebagai Gubernur Bank Sentral. Dia mendalami Depresi Besar 1929, dengan kesimpulan bahwa kesalahan fatal Bank Sentral AS saat itu memperparah krisis ekonomi. Kesalahan itu adalah Bank Sentral AS menekan aliran kredit ke pasar.

Nah, pada saat krisis ini Bank Sentral AS tak mau kecolongan, walau berdampak pada meningkatnya beban keuangan Pemerintah AS. Dia mengucurkan dana ke pasar. Selama kepemimpinan Bernanke, aliran pinjaman dari Bank Sentral AS ke pasar naik menjadi 2 triliun dollar AS dari 800 miliar dollar AS.

Tindakan ini dipuji mantan Menteri Keuangan AS, Henry Paulson. ”Mungkin akan terasa boros, tetapi jika saja Bank Sentral AS tidak mengucurkan dana, keadaan ekonomi akan jauh lebih parah,” kata Paulson beberapa waktu lalu di hadapan Senat AS.

Bernanke mendapatkan kredit dari ucapan Paulson itu. Namun, Bernanke sempat dianggap kurang tanggap dan tak menyadari krisis akan terjadi meski telah muncul tanda-tandanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com