Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 84 Bank di AS Bangkrut

Kompas.com - 31/08/2009, 11:50 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Kembali tiga bank AS bangkrut pada hari Jumat (28/8) waktu setempat. Total bank yang bangkrut sudah mencapai 84 pada tahun ini. Walaupun sudah ada tanda pemulihan ekonomi, industri perbankan masih harus berjuang karena kondisi keuangan yang semakin buruk.

Regulator perbankan AS menutup Affinity Bank of Ventura, California; Bradford Bank, Baltimore; dan Mainstreet Bank of Forest Lake, Minnesota. Total dana deposan yang dilindungi di bawah program penjaminan pemerintah sebesar 446 juta dollar AS. Penjaminan ini akan ditanggulangi oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), milik Pemerintah AS.

FDIC mengambil alih tiga bank itu, yaitu Affinity Bank beraset 1 miliar dollar AS dan memiliki 922 juta dollar AS deposito, Bradford Bank dengan aset 452 juta dollar AS aset dan deposito 383 juta dollar AS deposito, serta Mainstreet Bank beraset 459 juta dollar AS dan deposito 434 juta dollar AS.

FDIC juga bekerja sama dengan sejumlah bank lain untuk menangani sejumlah bank bangkrut dan bermasalah. Pacific Western Bank yang barbasis di San Diego telah sepakat mengambil deposito dan aset dari Affinity Bank. FDIC dan Pacific Western sepakat berbagi kerugian sebesar 934 juta dollar AS dan kredit macet dan aset lain.

Cabang Affinity Bank di San Francisco dan San Mateo akan dibuka kembali dengan nama Pacific Western Bank.

Manufacturers and Traders Trust Co berpusat di Buffalo, New York, sepakat mengambil deposito dan aset Bradford Bank. Sembilan cabang Bradford Bank akan dibuka dengan nama M&T.

Central Bank, yang berpusat di Stillwater, Minnesota, mengambil deposito dan aset dari Mainstreet Bank. Delapan cabangnya akan dibuka kembali sebagai cabang dari Central Bank.

FDIC dan M&T juga sepakat berbagi kerugian sebesar 338 juta dollar AS dari Bradford Bank. Perjanjian serupa juga berlaku untuk Central Bank yang mengambil kerugian Mainstreet Bank sebesar 268 juta dollar AS.

Dengan adanya penutupan bank ini, FDIC harus mengeluarkan biaya sebesar 19 miliar dollar AS. Secara total, FDIC memberikan jaminan terhadap 4,5 triliun dollar AS dana deposan di AS.

Ironisnya, pada pertengahan pekan lalu lembaga penjaminan AS (FDIC) mengumumkan bahwa dana mereka semakin menipis, hanya tersisa 10,4 miliar dollar AS pada akhir kuartal kedua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com