Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Tunggu The Fed dan BI

Kompas.com - 03/11/2009, 08:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Membuka pekan ini, rupiah kembali jatuh ke kisaran Rp 9.600 per dollar AS. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah kemarin melemah 0,68 persen ke Rp 9.610 per dollar AS. Sementara merujuk data Bloomberg hingga pukul 20.50 WIB kemarin, harga dollar AS setara Rp 9.560.

Data inflasi Oktober yang hanya 0,19 persen ternyata tak mampu mengangkat nilai tukar rupiah. Rupanya, faktor regional, seperti penurunan harga saham, lebih mempengaruhi pergerakan kurs rupiah. Selain itu, investor masih terus melakukan aksi ambil untung (profit taking) setelah rupiah menguat kencang pada akhir pekan lalu.

Menurut analis, pekan ini merupakan masa sensitif bagi rupiah. "Dalam satu minggu ini, ada keputusan moneter yang akan diambil di dalam dan di luar negeri," ujar Frans Darwin Sinurat, Dealer Valas Bank Mutiara.

Keputusan yang dimaksud Frans adalah keputusan BI dan Bank Sentral AS (Federal Reserve) mengenai suku bunga acuannya.

Kepala Riset Ekonomi Bank International Indonesia (BII) Juniman berkeyakinan, Fed dan BI akan sama-sama mempertahankan tingkat bunga acuannya. Faktor ini akan mendorong kembali penguatan rupiah. "Pertumbuhan ekonomi tahun ini yang diperkirakan mencapai 4 persen juga menjadi daya tarik tersendiri bagi rupiah," imbuhnya.

Juniman menduga, rupiah hari ini akan bergerak antara Rp 9.500-Rp 9.600 per dollar AS. Sedangkan Frans melihat, rupiah masih rentan koreksi. Ia mematok rupiah bergerak di kisaran Rp 9.530-Rp 9.630 per dollar AS. (Irma Yani/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com