Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simalakama Harga Eceran Tertinggi

Kompas.com - 12/11/2009, 07:39 WIB
Banu Astono

 

 

 

KOMPAS.com — Energi pemerintah sejak dua bulan terakhir ini terkuras habis untuk menyelesaikan masalah antara Polri, KPK, Antasari, dan Anggodo. Pemerintah seolah melupakan masalah pelik lain yang menyangkut hajat hidup masyarakat petani dan ketahanan pangan nasional, yakni distribusi dan harga eceran tertinggi pupuk yang baru.

Persoalan pelik itu sampai saat ini tidak pernah jelas kapan akan diputuskan pemerintah. Di sisi lain, pemerintah telah memangkas subsidi pupuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010, yakni dari Rp 17,5 triliun menjadi Rp 11,3 triliun. Konsekuensi yang timbul akibat pemangkasan itu adalah kenaikan biaya produksi.

Ada dua kemungkinan yang timbul. Pertama, volume pupuk subsidi untuk kebutuhan petani tanaman pangan terpangkas sekitar 50 persen jika pemerintah tetap memberlakukan harga lama. Kedua, volume pupuk subsidi tetap sama dengan tahun 2009, tetapi harga naik hingga 85 persen.

Tampaknya dari dua opsi itu pemerintah akan memilih opsi yang kedua. Sinyal kuat itu disuarakan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono pada awal November saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Mentan secara tegas menyatakan, pemerintah akan mengevaluasi kembali HET pupuk bagi petani seiring dengan dipangkasnya subsidi pupuk. Petani diminta tidak risau karena pemerintah mengompensasi dengan kenaikan harga pembelian pemerintah (HPP) atas gabah dan beras.

Namun, jika melihat acuan kenaikan tersebut, harga pupuk urea dari Rp 1.200 per kg bisa menjadi Rp 2.000-Rp 2.200 per kg, superphos dari Rp 1.550 per kg menjadi Rp 2.100 per kg, pupuk majemuk dari sekitar Rp 1.750 per kg menjadi Rp 4.500 per kg, dan pupuk organik dari Rp 500 menjadi Rp 1.000 per kg.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Direktur Utama PT Pupuk Petrokimia Gresik Arifin Tasrif berharap kebijakan kewajiban layanan publik (PSO) untuk pupuk bersubsidi tidak mengalami perubahan mendadak yang signifikan. Perubahan itu sangat berpengaruh dengan rencana pengembangan perusahaan dalam jangka panjang. 

Arifin menilai, saat ini kebijakan PSO pupuk tidak stabil. Apalagi, pada tahun 2010 pemerintah menurunkan nilai subsidi pupuk. Padahal, total jumlah pupuk bersubsidi naik dari sekitar 9 juta ton tahun ini menjadi 11,06 juta ton tahun depan.

Kondisi itu akan memaksa pemerintah menaikkan harga eceran tertinggi (HET) pupuk bersubsidi karena kalau tidak (HET naik), jumlah subsidi pupuk akan kurang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com