Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2010 Carrefour Targetkan 10 Gerai

Kompas.com - 16/11/2009, 17:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Carrefour Indonesia menyatakan akan terus berekspansi pada 2010. Raksasa swalayan asal Perancis ini menargetkan untuk menambah sebanyak 10 gerai pertokoan untuk melengkapi 76 pertokoan yang telah ada sekarang. Dua daerah yang dibidik adalah Kalimantan dan Jawa.

"Insya Allah tahun depan kami akan membangun 10 lagi gerai Carrefour di seluruh Indonesia," kata President Director Carrefour Indonesia Shafie Shamsuddin kepada wartawan di sela Pekan Buah Tropika Nusantara Indonesia 2009 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Meski demikian, katanya, permasalahan rencana ekspansi bakal dihadapi, yaitu aturan-aturan di daerah yang masih menyulitkan Carrefour untuk lebih ekspansif. Menurutnya, pihaknya juga akan melakukan pendekatan kepada pemerintah setempat. "Permasalahan sekarang adalah aturan-aturan daerah yang tidak sinkron untuk membuka investasi sebesar-besarnya. Ya ini yang menjadi masalah kami," ujarnya.

Daerah-daerah yang sedang dibidik oleh Carrefour adalah sejumlah kota di Pulau Jawa dan di Kalimantan. Khusus Kalimantan, katanya, Carrefour sedang membidik Kota Banjarmasin. "Kalimantan menjadi sasaran utama di luar Jawa tahun depan karena belum dimasuki oleh Carrefour. Banjarmasin akan menjadi tantangan yang menarik," kata Shafie.

Hingga saat ini, Carrefour telah memiliki sebanyak 76 gerai di seluruh Indonesia. Indonesia menjadi salah satu pasar paling besar Carrefour di dunia.

Sementara itu, mengenai keputusan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha yang memvonis bersalah dan meminta Carrefour menjual sahamnya di PT Alfa Retailindo, Shafie mengatakan, langkah hukum akan jalan terus. Dia membantah Carrefour memiliki pangsa pasar lebih dari 50 persen. "Kami hanya menguasai 18 persen market share ritel di Indonesia. Nanti biar pengadilan yang memutuskan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com