Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandiri, BNI, BRI Biayai Tol Bogor Ring Road

Kompas.com - 18/11/2009, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah bank  mengucurkan kredit sindikasi kepada PT Marga Sarana Jabar untuk membiayai proyek pembangunan jalan tol Bogor Ring Road sepanjang 7,8 km yang menghubungkan Sentul Selatan dengan Taman Yasmin. Total kredit sindikasi yang disalurkan mencapai Rp 1,05 triliun.

Pada pembiayaan sindikasi ini, Bank Mandiri, BNI dan BRI bertindak sebagai Joint Lead Arranger sekaligus sebagai kreditur. Bank Mandiri mengambil porsi 36 persen dari total kredit atau setara Rp 379,2 miliar,  BNI sebesar 31,5 persen atau Rp 331,8 miliar, BRI sebesar 22,18 persen atau setara dengan Rp 233,7 miliar,  sedangkan Bank Jabar Banten mengambil porsi 10,32 persen atau setara Rp108,7 miliar.

Penandatangan perjanjian Kredit Sindikasi dilakukan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Riswinandi, Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Asmawi Syam, Direktur Korporasi BNI Krishna R. Suparto, Direktur Kredit Bank Jabar dan Banten Entis Kushendar dan Direktur Utama PT. Marga Sarana Jabar Poncoyono Sudiro, serta disaksikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Frans S. Sunito, Rabu (18/11) di Jakarta.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Riswinandi mengatakan sindikasi pembiayaan jalan tol ini menunjukkan komitmen perbankan dalam mendorong sektor riil untuk meningkatkan fungsi intermediasi untuk mengembangkan infrastruktur.

"Nilai proyek pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 1,54 triliun, dimana kurang lebih 70 persen  diantaranya berasal dari pendanaan perbankan. Langkah ini merupakan komitmen kami untuk mendukung proyek infrastruktur sesuai program Pemerintah dengan tetap memperhatikan aspek bisnis yang menguntungkan," kata Riswinandi.

Jangka waktu kredit sampai dengan Maret 2022 termasuk grace period 2 (dua) tahun. Masa penarikan maksimal sampai Maret 2012 dengan suku bunga yang digunakan bersifat mengambang (floating rate) dengan mengacu kepada suku bunga deposito.

Pembangunan jalan tol tersebut akan menambah sarana infrastruktur transportasi yang terintegrasi dengan jalan tol lainnya sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan memperlancar arus transportasi serta memberikan multiplier effect pada pertumbuhan sektor rill, meningkatkan perekonomian, mengurangi pengangguran, dan mengurangi tingkat kemiskinan terutama di wilayah Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com