Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Dubai, Fase Awal Krisis Baru?

Kompas.com - 29/11/2009, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengejutkan tentang masalah utang Dubai mengangkat ketakutan akan kembalinya hari-hari paling gelap krisis keuangan karena pasar jatuh di seluruh dunia.

Pasar di Asia, Eropa dan Amerika Serikat tersandung karena kekhawatiran utang buruk meningkatkan kekhawatiran baru bagi perekonomian dunia setelah guncangan permintaan Dubai untuk menangguhkan pembayaran kembali pinjaman utamanya.

Investor terguncang, menahan napas pada Jumat (27/11) untuk melihat apakah pengumuman tak terduga dari salah satu Emirat Teluk yang sedang "booming" sekali akan memicu bahaya bagi ekonomi dunia, mirip dengan runtuhnya Lehman Brothers.

Kematian bank investasi AS pada September 2008 mengirimkan gelombang mengejutkan ke seluruh dunia dan menggembar-gemborkan fase awal yang paling menyakitkan krisis keuangan global.

Tetapi analis mengecilkan kekhawatiran tersebut. Menurut mereka permintaan Dubai World, untuk menangguhkan pembayaran utang selama enam bulan, hanya merupakan tanda sebuah akhir untuk pemulihan perekonomian global yang rapuh.

Adarsh Sinha, dari Barclays Capital, mengatakan peristiwa dramatis tahun lalu membuat para pembuat kebijakan lebih siap. "Pertanyaannya adalah apakah ini akan menjadi pengulangan (kuartal keempat 2008) atau menjadi lebih singkat, koreksi lebih ramah," kata Sinha.

Disebutkannya, perbedaan utama antara sekarang dan kemudian adalah bahwa kebijakan otoritas lebih banyak menjaga untuk mencegah peristiwa pasar keuangan dari bangkitnya risiko sistemik. "Masalah-masalah Dubai yang berkaitan dengan runtuhnya pasar properti daripada krisis keuangan baru," kata analis dari Capital Economics dalam sebuah catatannya.

"Meskipun demikian, mereka adalah sebuah peringatan bahwa ekses warisan utang berat ekonomi masa lalu akan berlama-lama selama bertahun-tahun yang akan datang," kata mereka.

Analis lainnya mengecilkan prospek gelombang mengejutkan itu menyebar keluar dari Dubai.  John Sfakianakis, dari Calyon, mengatakan investor internasional memiliki "kepercayaan asli" di kawasan. "Kualitas kredit hanya merosot tidak menjadi masalah di Arab Saudi, Abu Dhabi dan Qatar dan kami berharap bahwa dalam jangka pendek, investor akan tenang," katanya.

Namun masih ada banyak kekhawatiran, tentang eksposure bank-bank besar internasional, khususnya di Inggris, ke keuangan bermasalah Dubai. Eksposur langsung bank-bank Eropa ke Dubai, menurut Credit Suisse, terbatas hanya 13 miliar dollar AS (8,7 miliar euro).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com