Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Anggaran Crown Disiapkan Pemerintahan Lama

Kompas.com - 29/12/2009, 16:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II dan pejabat negara mulai menggunakan mobil dinas baru jenis Toyota Crown Royal Saloon seharga Rp 1,3 miliar, sejak beberapa hari lalu. Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa, anggaran untuk pembelian mobil ini telah disusun oleh pemerintahan sebelumnya.

"Soal itu sebetulnya merupakan bagian dari pemerintahan kabinet yang lama. Saya tidak tahu (anggarannya), tanya di Setneg. Itu pemerintahan sebelumnya," ujar Hatta, di kantor Kementrian Koordinator Perekonomian, di Jakarta, Selasa ( 29/12/2009 ).

Dia menjelaskan,pengadaan mobil baru tersebut sama seperti kewajiban menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Di mana, pemerintahan kabinet sebelumnya menyusun APBN 2010 untuk digunakan oleh pemerintahan kabinet yang baru. "Jangan dianggap pemerintah yang baru sekarang ini menyiapkan mobil barunya untuk sendiri. Saya sendiri saja enggak tahu saya bakal jadi Menteri. Kita tidak tahu siapa yang mau memakai, pokoknya kewajiban menyiapkan," kilahnya.

Namun, saat ditanya soal nominal anggaran yang disiapkan untuk pengadaan mobil baru tersebut, Hatta mengaku tidak tahu menahu. Padahal, dalam pemerintahan kabinet sebelumnya, Hatta menjabat sebagai Menteri Setneg. "Setneg tidak punya anggaran," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com