Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Edarkan Uang Rp 9,7 Triliun

Kompas.com - 20/08/2010, 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingkat kebutuhan masyarakat atas uang kartal, yakni logam dan kertas, mengalami pelonjakan cukup tajam di setiap kedatangan bulan Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri di Indonesia.

Merujuk pada data terbaru BI terkait peredaran uang, selama dua hingga tiga pekan belakangan, peredaran uang kartal sudah mencatat outflow alias pengeluaran uang dari BI sebesar Rp 9,7 triliun.

"Periode menjelang dan memasuki puasa, yakni tanggal 30 Agustus sampai dengan 12 Agustus lalu, uang kartal mengalami outflows sebesar Rp 9,7 triliun," jelas Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah.

Angka tersebut tidak berlebihan mengingat catatan di beberapa bank juga mencerminkan hal serupa. BRI, misalnya, menjelang datangnya puasa dua pekan lalu, mencatat kenaikan kebutuhan uang kartal hingga Rp 30 miliar per minggu. Belum lagi nilai uang pecahan yang keluar melalui program jasa kas keliling BI yang bisa mencapai Rp 5 miliar per hari. Bisa dipastikan, angka tersebut akan terus merangkak naik seiring kian dekatnya kedatangan Lebaran.

Masyarakat tak hanya membutuhkan uang tunai ekstra di hari-hari biasa untuk memenuhi kebutuhan di seputar Ramadhan, tetapi juga membutuhkan uang pecahan kecil untuk dibagi-bagikan kepada kerabatnya. Tradisi ini pula yang sudah dihafal oleh Bank Indonesia dan industri perbankan pada umumnya. Tak heran, BI dan para bankir sudah sibuk mempersiapkan ketersediaan uang kartal berikut uang pecahan kecil dalam jumlah ekstra dari lazimnya khusus untuk momen ini.

BI sendiri sudah mempersiapkan sekitar Rp 50 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat atas uang pecahan. (Ruisa Khoiriyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com