Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KA Tambah 28 Kereta Api

Kompas.com - 29/08/2010, 18:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah 28 kereta api kelas bisnis dan ekonomi dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2010. Kereta tambahan itu akan mulai beroperasi pada H-8 Hari Raya Idul Fitri.

Demikian dikatakan Humas PT KAI Daops 1, Mateta Rizalul Haq, ketika dihubungi wartawan, Minggu (29/8/2010). Menurut Mateta, akan ada penambahan jumlah pemudik sekitar 1,6 sampai 2 persen pada lebaran tahun ini. Pada tahun 2009 tercatat 65.257 pemudik dan saat ini diperkirakan 66.562 pemudik akan menggunakan jasa kereta api.

Terkait dengan permasalahan calo tiket, Mateta menjawab bahwa pihaknya telah melakukan sistem online sehingga tidak perlu datang ke stasiun. Pemudik pun dapat membeli tiket melalui kantor pos. "Karena calo itu ada saat supply dan demand tidak seimbang," ujarnya.

Selain itu PT KAI juga melakukan pembatasan tiket dimana setiap calon penumpang hanya dapat membeli maksimal empat tiket dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP). "Jadi nama yang di tiket sama dengan pembelinya," imbuhnya.

Lebih lanjut Mateta mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah menangkap lima calo tiket. "Ini juga berkat informasi dari masyarakat," ujarnya.(Ferdinand)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com