Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KA Sinyalir Ada Sindikat Calo Tiket

Kompas.com - 30/08/2010, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Calo tiket semakin menggila menjelang Lebaran ini. PT Kereta Api (KA) telah menangkap 10 calo tiket kereta api dalam 10 hari terakhir.

Dari hasil penyidikan, PT KA mensinyalir ada sistem rantai penghubung atau sindikat antarcalo. "Bahkan mungkin saja ada pihak pemodal," kata Kepala Humas Daerah Operasi I PT Kereta Api Mateta Rizalulhaq, akhir pekan lalu.

Sebab, PT KA menemukan ada salah seorang calo yang memegang 38 tiket kereta. Tiket tersebut bernilai Rp 9,395 juta.

PT KA sendiri berusaha meminimalisasi keberadaan calo ini. Perusahaan jasa transportasi ini sudah melakukan berbagai cara, seperti memberikan imbalan sebesar Rp 500.000 bagi orang yang bisa membantu menangkap calo dengan cara menunjukkan pelaku dan menjadi saksi.

Selain itu, PT KA juga membatasi seorang yang mengantre hanya bisa membeli maksimal empat kursi. Para pembeli tiket juga akan diminta untuk memperlihatkan kartu tanda penduduknya karena pada tiket akan dicetak nama calon penumpang sesuai dengan KTP.

Bagi para calon penumpang yang berhalangan untuk membeli tiket di stasiun, PT KA telah membuka pembelian tiket secara online melalui call center 121, kantor pos, ATM, serta agen resmi lainnnya. Pembelian tiket sudah bisa dilakukan sejak 30 hari sebelum keberangkatan. Jadi seharusnya calon penumpang tidak perlu ada berurusan dengan calo lagi. (Indira Prana Ning Dyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com