Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank China Kucurkan 250 Juta Dollar AS

Kompas.com - 21/10/2010, 08:30 WIB

BEIJING, KOMPAS.com  - Industrial and Commercial Bank of China atau ICBC segera mengucurkan dukungan dana senilai 250 juta dollar AS untuk peningkatan kerjasama perdagangan, investasi dan keuangan antara China dengan Indonesia.

Komitmen pendanaan itu disampaikan Ketua Dewan Direktur dan Direktur Eksekutif Bank Ekspor Impor (BEI) I Made Gde Erata, seusai menandatangani perjanjian kerjasama bagi peningkatan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan keuangan dengan ICBC, di Balai Agung Rakyat China, yang dekat dengan Lapangan Tiananmen, Beijing, China, Rabu (20/10/2010) malam.

Penandatangan perjanjian tersebut, disaksikan oleh Wakil Presiden Boediono dan Wakil Presiden China Xi Jinping, yang dilanjutkan dengan jamuan makan malam yang diselenggarakan Presiden Xi Jinping.

"Komitmen 250 juta dollar AS merupakan tahap kedua setelah penandatangan perjanjian tahap pertama dengan ICBC sebesar 100 juta dollar AS," ujar Erata.

Menurut Erata, perjanjian itu meliputi perdagangan produk mekanikal dan elektronik, proyek infrastruktur, proyek konstruksi, pengembangan UMKM dan penyediaan pinjaman untuk proyek yanng terkait kerjasama China Indonesia.

"Dengan perjanjian itu, tingkat bunganya rendah atau di bawah 10 persen, grass period-nya lebih lama  lagi. Akan tetapi, ini akan dibicarakan lagi," komentar Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com