Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi 2011 Diprediksi Naik

Kompas.com - 20/12/2010, 12:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika prediksi investasi tahun 2010 hanya berkisar 7-9 persen, Komite Investasi Nasional atau KEN memprediksikan investasi di tahun 2011 akan tumbuh hingga 13,4 persen. Aktivitas investasi diperkirakan akan terus naik meski perlahan-lahan.

Dalam presentasi 'Prospek Ekonomi Indonesia 2011' di Auditorium Menara Bank Mega, Senin (20/12/2010), KEN mengungkapkan bahwa proses pemulihan ekonomi yang terus berkelanjutan serta ketidakpastian perekonomian glonal yang mulai berkurang membuat para pelaku bisnis mulai berani meningkatkan kapasitas produksi yang ada dan mewujudkan investasi baru.

Selain itu, faktor-faktor lain juga akan mendukung secara signifikan. Suku bunga yang rendah turut mendukung pertumbuhan investasi. Pertumbuhan ekonomi yang baik, pasar yang besar dan stabilitas sosial-politik yang tinggi diperkirakan akan memberi daya tarik tersendiri kepada investor asing. Apalagi, menurut KEN, Indonesia mendekat ke peringkat investment grade.

Prospek ini meningkatkan daya tarik untuk berinvestasi di Indonesia. Oleh karena itu, di tahun 2011, aktivitas investor asing di Indonesia juga diperkirakan akan semakin meningkat. Sebelumnya, KEN menyebutkan bahwa ekonomi Indonesia di 2011 diperkirakan bertumbuh dengan laju sebesar 6,4 persen. Sementara itu, inflasi diperkirakan akan berada di sekitar angka 6-6,4 persen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com