Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kebijakan Jaga Ketahanan Pangan

Kompas.com - 22/12/2010, 11:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan tiga langkah antisipatif menjaga ketahanan pangan menghadapi kemungkinan buruk akibat cuaca ekstrem yang melanda dunia belakangan ini.

Usai rapat koordinasi mengenai ketahanan pangan, di kantornya, Jakarta, Rabu (22/12/2010), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menyebutkan percepatan penyaluran beras miskin jadi langkah kebijakan pertama. Kemudian, pemerintah akan menambah ketersediaan beras di gudang Bulog seraya melakukan operasi pasar. Terakhir, pemerintah segera mengeluarkan dua instruksi Presiden.

"Inpres ini sangat penting, pertama Inpres untuk antisipasi perubahan iklim untuk menjaga ketahanan pangan. Dan kedua adalah Inpres fleklsibilitas Bulog untuk melakukan pengadaan beras dan gabah termasuk menjaga kualitasnya," paparnya.

Diharapkan, inpres ini akan efektif untuk menekan inflasi sebab kecenderungan harga beras yang stabil dengan cukupnya stok beras sampai akhir tahun. "Pertama, beras harus cukup untuk jaga stabilitas harga, lindungi petani dan konsumen agar stabil dan jaga stok agar cukup," tutupnya.

Rapat ini dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, dihadiri Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu, Menteri Pertanian Suswono, Menteri BUMN Mustafa Abu Bakar, dan Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamukti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com