Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JICT Cetak Rekor Produktivitas

Kompas.com - 28/12/2010, 15:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Container Terminal (JICT) berhasil mencatat rekor produktivitas tahunan 2 Juta TEU (Twenty-foot Equivalent Units) pada 19 Desember 2010. Produktivitas tersebut merupakan pencapaian tertinggi sejak JICT beroperasi pada tahun 1999 dan diraih pada saat melayani kapal melayani MV . Topaz , kapal milik Americ an President Line.  

"Pencapaian ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras seluruh manajemen dan karyawan JICT . Para pemegang saham, Hutchison Port Holdings dan PT. Pelabuhan Indonesia II berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas JICT melalui serangkaian investasi besar dengan tujuan mewujudkan JICT menjadi terminal petikemas kelas dunia, " kata Presiden Direktur JICT, Helman Sembiring , dalam rilisnya Selasa (28/12/2010).

"Pemulihan ekonomi global telah mendorong kegiatan perdagangan internasional dan kami, melihat peningkatan dalam jumlah barang impor dan ekspor di Indonesia. Dengan perkiraan pertumbuhan perekonomian Indonesia pada tahun 2011, program ekspansi yang sedang berjalan akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan JICT untuk memfasilitasi peningkatan volume di terminal," ujar Sembiring.

Setelah program ekspansi yang direncanakan akan selesai pada tahun 2012 , JICT akan memiliki tambahan lapangan penumpukan sebesar 12 hektar dan pintu gerbang otomatis (auto gate system) sehingga lalu lintas truk dari dan ke luar terminal semakin efisien. Sehingga, secara keseluruhan, kapasitas JICT akan meningkat sebesar 50 persen menjadi 3 juta TEU per tahun.

Mark Parco, Presiden Direktur APL Indonesia , memberikan apresiasi atas peningkatan prestasi yang diraih JICT, " JICT telah menjadi pelabuhan panggilan di Indonesia bagi APL selama bertahun-tahun dan kinerja operasional JICT telah meningkat secara signifikan. APL mengucapkan selamat kepada JIC T mencapai 2 juta TEUs dan berharap untuk melanjutkan hubungan sukses kami.  

Jakarta International Container International ("JICT") Jakarta International Container Terminal adalah terminal kontainer terbesar di Indonesia dan merupakan perusahaan join antara Hutchison Port Holdings (HPH) dan PT. Pelabuhan Indonesia II. Terletak di Tanjung Priok, lokasi strategis di daerah industri Jawa Barat, JICT berfungsi sebagai pelabuhan utama di Indonesia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com