Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Asing Masih Diam, Rupiah Stabil

Kompas.com - 29/12/2010, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu pagi cenderung stabil, karena pelaku pasar masih ragu-ragu melepas mata uang lokal itu untuk mencari untung setelah hari sebelumnya menguat.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar turun dua poin menjadi Rp 9.010-Rp 9.020 per dollar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.008-Rp 9.018.

Kepala Divisi Treasury PT OCBC NISP, Suriyanto Chang di Jakarta, Rabu mengatakan, pelaku pasar lokal semula ingin melepas rupiah setelah hari sebelumnya menguat. "Namun mereka melihat pelaku asing masih berdiam diri akhirnya mereka tidak berlanjut melakukan aksi lepas rupiah," katanya.

Rupiah kemungkinan tidak akan bergerak jauh, karena Bank Indonesia (BI) akan terus memantau pergerakan mata uang lokal itu. "Kami perkirakan kenaikan rupiah itu tertahan oleh masuknya BI ke pasar melakukan intervensi," ucapnya.      BI menginginkan rupiah tetap berada di atas level Rp 9.000 per dollar, karena pada level tersebut maka pendapatan ekspor negara tetap tinggi. "Apalagi Indonesia dinilai pelaku asing merupakan pasar yang tetap memberikan nilai tambah dibanding pasar di Asia lainnya," katanya.

Menurut dia, rupiah juga masih berpeluang untuk naik lagi, karena pelaku asing masih berada di pasar domestik menunggu peluang. "Para pelaku asing menunggu waktu yang tepat kapan mereka melakukan pembelian terhadap rupiah yang sebelumnya sempat berada di bawah Rp 9.000 per dollar," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com