Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambil Untung, Dana Asing Terus Turun

Kompas.com - 29/12/2010, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia mencatat terjadinya penurunan dana asing di portofolio rupiah pada pekan ketiga Desember menjelang libur Natal dan akhir tahun akibat aktivitas profit taking (ambil untung) investor asing serta SBI yang jatuh tempo.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah di Jakarta, Rabu (29/12/2010), mengatakan, pada pekan lalu terdapat outflows penanaman asing selama sepekan sebesar Rp 1,10 triliun.

Portofolio asing pada SBI dan SUN berkurang masing-masing sebesar Rp 1,07 triliun dan Rp 290 miliar. Perkembangan tersebut menurunkan pangsa SBI asing terhadap total outstanding SBI menjadi 26,95 persen dibanding sebelumnya 27,48 persen dan pangsa SUN asing terhadap total outstanding SUN menjadi 30,80 persen dibanding sebelumnya 30,83 persen.

Selain karena reposisi pada akhir tahun, penurunan SBI sudah terjadi sejak pertengahan Oktober 2010 terkait dengan kebijakan BI yang mengharuskan investor untuk memegang SBI minimal satu bulan. Sementara untuk porsi kepemilikan asing di SBN stabil di 29,8 persen dan SBI turun tipis dari 27,5 persen menjadi 27,0 persen.

Pada pekan lalu terdapat penerbitan obligasi baru dari sektor perbankan yang terdiri atas dua seri dengan total sebesar Rp 1,1 triliun. Dengan demikian, penerbitan obligasi korporasi pada Desember tercatat sebesar Rp 3,9 triliun, secara year to date telah mencapai Rp 36,8 triliun jauh lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 28,9 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com