Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguat, Rupiah di Bawah 9.000 Lagi

Kompas.com - 30/12/2010, 10:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di pasar spot antarbank Jakarta pada Kamis pagi menguat 42 poin menembus level Rp9.000 per dolar AS, karena pelaku pasar, khususnya asing, melakukan aksi beli.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tersebut naik menjadi Rp 8.968-Rp 8.978 per dollar dibanding penutupan transaksi sehari sebelumnya Rp 9.010-Rp 9.020.

Direktur Utama PT Finan Corpindo Nusa, Edwin Sinaga, di Jakarta, Kamis, mengatakan, bahwarupiah menguat karena masuknya arus modal asing ke pasar uang menjelang penutupan akhir 2010. "Pelaku asing lebih cenderung menempatkan dananya di pasar domestik karena gejolak ekonomi global yang masih tidak menentu," katanya.

Rupiah diperkirakan akan terus bergerak naik pada awal 2011, karena pemodal asing makin aktif membeli rupiah. "Kenaikan rupiah menjelang penutupan akhir 2010 di luar perkiraan pasar," katanya.

Apalagi, menurut dia, pemerintah telah meminta Bank Indonesia (BI), agar rupiah tetap berada di atas level Rp 9.000 per dollar AS. Namun, munculnya aksi beli asing yang diikuti lokal mengakibatkan BI membiarkan rupiah itu bergerak naik.

Ia mengatakan, BI akan kembali melakukan intervensi pasar untuk menekan rupiah berada di atas Rp 9.000 per dollar, namun untuk saat ini BI cenderung mengikuti arah pasar. "Kami optimis BI akan melakukan intervensi pasar hanya menunggu waktu yang tepat untuk masuk pasar," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com