Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Ayam Bakal Melorot

Kompas.com - 31/12/2010, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Tahun depan, harga ayam diperkirakan akan terkoreksi karena pasokan ayam akan berlimpah. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, harga daging ayam broiler pada Desember ini rata-rata berkisar Rp 25.616 per kg. Harga tersebut sudah lebih melandai ketimbang harga rata-rata pada September lalu yang sebesar Rp 27.315 per kg.

Pada Februari lalu, harga ayam broiler mencapai Rp 21.758 per kg. Adapun di tingkat peternak, harga ayam saat itu hanya berkisar pada Rp 11.000 per kg.

Ketua Umum Gabungan Organisasi Perunggasan Nasional Tri Hardiyanto mengatakan, sepanjang tahun ini memang harga ayam berfluktuasi sehingga menyeret kenaikan harga daging ayam. "Harga ayam dari Januari sampai Maret melorot, dan terkerek naik pada April sampai Oktober. Bulan November mulai melandai lagi," ujarnya kepada KONTAN, Kamis (30/12/2010).

Ia mengatakan, kenaikan harga ayam ini disebabkan oleh meningkatnya harga DOC atau bibit ayam yang membuat harga pokok produksi (HPP) ayam meningkat sekitar 30 persen. Ditambah lagi, "Harga pakan ternak juga naik sekitar Rp 300 per kg dari harga normal yang sebesar Rp 4.500 per kg," kata Tri.

Asal tahu saja, harga DOC pada April lalu masih sekitar Rp 3.000 per ekor. "Oktober lalu, harga DOC sudah mencapai Rp 4.500 per ekor," ungkapnya. Artinya, selama enam bulan saja, harga DOC sudah naik 50 persen. Akibat kenaikan ini, HPP DOC naik sekitar 30 persen. Padahal, Tri bilang harga DOC sekitar Rp 13.000.

Kenaikan harga DOC ini, kata Tri, disebabkan oleh kenaikan permintaan DOC. "Biasanya, kalau harga ayam naik, para peternak mengikuti tren beternak ayam lebih banyak. Akibatnya, permintaan DOC meningkat," ungkapnya. Sementara itu, tahun ini, suplai DOC sedikit turun karena ada kegagalan produksi.

Dampak kenaikan permintaan DOC tahun ini akan terasa pada tahun depan. Alhasil, tahun depan, suplai ayam akan melimpah dan menyebabkan harga turun.

Jika Oktober lalu harga ayam di tingkat peternak masih berkisar Rp 14.000 per kg, maka Tri meramalkan bahwa tahun depan harga ayam akan lebih turun lagi. "Tahun depan, harga ayam antara Rp 11.000 dan Rp 12.000 per kg karena banyaknya pasokan," ujarnya. (Herlina KD/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com