Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Singapura Bertemu Hatta

Kompas.com - 04/01/2011, 10:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Lim Hng Kiang menemui Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa hari ini. Keduanya akan mematangkan kembali enam kelompok kerja ekonomi yang sebelumnya telah digagas oleh pemimpin tertinggi kedua pemerintahan.

Lim bertemu Hatta di ruang kerja Menko Perekonomian, Gedung Utama, Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta,Selasa (4/1/2011). Siaran pers yang dipublikasikan Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Singapura menyebutkan bahwa keenam kelompok kerja tersebut digagas dalam pertemuan antara Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2010.

Keenam kelompok kerja ini akan berupaya untuk meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral kedua negara. Keenam area yang dikerjasamakan adalah dalam kerjasama pelayaran khusus pariwisata, pengaturan jalur penerbangan, ketenagakerjaan dan agribisnis, lalu investasi.

Tidak luput juga akan dibahas kerjasama Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, Bintan, dan Karimun. Dalam pertemuan ini, Lim juga akan bertemu Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Singapura dan Indonesia telah menikmati hubungan ekonomi yang panjang dan dalam. Kedua negara tercatat sebagai rekan dagang kelima tererat selama bertahun-tahun. Singapura tercatat sebagai investor teratas di Indonesia pada tahun 2009 yakni 4,4 miliar dollar AS. Di tahun yang sama, Indonesia menjadi sumber turisme terbesar yang datang ke Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com