Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medco Dapat Pinjaman 120 Juta Dollar AS

Kompas.com - 06/01/2011, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melalui anak usahanya, PT Medco LNG Indonesia telah mendapatkan pinjaman sebesar 120 juta dollar AS dari perusahaan Jepang Mitsubishi Cooporation.

Direktur Utama MEDC, Darmoyo Doyoatmojo dalam keterbukaan informasi Kamis (6/1/2011) mengatakan, perjanjian pinjaman tersebut telah ditandatangani pada 31 Desember 2010.

Dia menambahkan dana itu akan dipergunakan untuk memenuhi komitmen pendanaan proyek pembangunan kilang LNG dengan kapasitas dua juta metrik ton (mt) per tahun di Banggai, Sulawesi Tengah. Sedangkan  nilai proyek investasi ini 2,8 miliar dollar.

Untuk membangun kilang ini, Medco LNG berkerja sama dengan PT Pertamina dan Mitsubishi membentuk PT Donggi Senoro Lng. Komposisi kepemilikan Medco LNG adalah 20 persen, Pertamina 29 persen, dan Mitsubishi 51 persen.

Mitsubishi merupakan pemegang 39,4 persen saham Encore Energy Pte Ltd, yang merupakan pemegang 50,7 persen saham MEDC. Dengan demikian transaksi tersebut termasuk ke dalam transaksi terafiliasi.

Menurutnya Medco menjaminkan seluruh kepemilikannnya (20 persen) yang ada di PT Donggi Senoro LNG. Bunga pinjaman yang dibebankan adalah Libor plus 3,75 persen per tahun, dan Libor plus 4,75 persen per tahun untuk masa perpanjangan.

Bunga tersebut akan dibayarkan per triwulan, bunga akan dikapitalisasi dan mulai dilakukan pembayaran pada saat memasuki periode pelunasan pinjaman.  Yakni apablia Donggi Senoro LNG telah mendapatkan pendanaan proyek, maka pelunasan pinjaman dilakukan selama 12 bulan sejak first finance repayment date.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com