Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Jumlah Bank Akan Berkurang

Kompas.com - 13/01/2011, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun ini jumlah bank di Indonesia dipastikan berkurang, bukan karena ditutup, melainkan akibat penggabungan bank atau merger. Sekarang sudah ada beberapa bank yang mengajukan izin merger di BI.

Eksekutif Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI) Agusman mengatakan, sekarang ada 122 bank di Indonesia. Dalam waktu dekat jumlah itu akan berkurang. "Jumlahnya akan kurang karena ada yang merger," kata Agusman, Rabu (12/1/2011).

Sayangnya, Agusman enggan menjelaskan lebih detail. Sebab, merger itu tengah memasuki pengajuan izin. "Itu masih rahasia," katanya.

BI mendukung proses konsolidasi dengan cara merger tersebut. Itu untuk memperkuat permodalan dan manajemen bank. Dengan demikian, bank bakal lebih kuat mengatasi masalah di periode mendatang.

Deputi Gubernur BI Muliaman D Hadad mengakui, semua bank sudah memenuhi ketentuan modal minimal Rp 100 miliar. Namun, bank tetap membutuhkan modal yang tinggi. "Persaingan perbankan ketat, modal harus besar," kata Muliaman.

Apalagi, tahun 2011 ini permodalan akan menjadi isu utama di dunia perbankan. Sebab, modal akan berkaitan langsung dengan likuiditas. "Dengan modal dan likuiditas yang kuat, perbankan akan semakin resisten dalam menghadapi krisis global," ujarnya. (Roy Franedya/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com