Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Tawarkan Saham ke Investor Asing

Kompas.com - 14/01/2011, 11:11 WIB

Dilaporkan wartawan Kompas: Tjahja Gunawan Diredja, dari Singapura

SINGAPURA, KOMPAS.com — Garuda Indonesia menawarkan saham kepada para investor asing dalam road show ke Singapura selama dua hari tanggal 13-14 Januari 2011.

Pada hari Jumat (14/1/2011), sedikitnya hadir 26 investor institusi yang mendengarkan secara langsung tentang kinerja dan prospek perusahaan BUMN tersebut. Penjelasan dan pertemuan one on one meeting disampaikan Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Hari Sabtu ini, dilanjutkan pertemuan tertutup dengan investor lain. Saham Garuda Indonesia akan dilepas pada kisaran harga Rp 750-Rp 1.100 per lembar saham.

Jumlah keseluruhan saham Garuda Indonesia yang akan dilepas sebanyak 9,3 miliar lembar saham (36,48 persen), terdiri dari 7,4 miliar saham baru (28,93 persen) dan 1,9 miliar lembar saham divestasi PT Bank Mandiri Tbk.

Dari IPO tersebut, manajemen Garuda Indonesia menargetkan bisa memperoleh dana sekurang-kurangnya 350 juta dollar AS. Menurut Emirsyah, dana tersebut antara lain akan dipakai untuk ekspansi perusahaan dan membayar utang.

Ditanya tentang penetapan saham Garuda, Emirsyah mengatakan, hal itu merupakan kewenangan pemerintah (Kementerian BUMN) selaku pemegang saham. "Pada saatnya nanti setelah road show selesai, kami akan melaporkan kepada pemerintah tentang minat dari investor asing. Berapa banyak investor yang menawar pada harga bawah dan berapa banyak investor yang menawar pada harga atas. Nanti, yang akan mengoordinasikan PT Bahana Securities selaku penjamin emisi," ujar Emirsyah.

Selain dihadiri jajaran direksi, acara road show itu juga dihadiri Komisaris Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol dan Direktur Utama PT Bahana Securities Eko Yuliantoro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com