Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Soft Loan" China Biaya 4 Proyek

Kompas.com - 14/01/2011, 15:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah makin gencar membenahi infrastruktur. Tak tanggung-tanggung, pemerintah telah menyiapkan empat proyek infrastruktur yang siap digarap. Rencananya, keempat proyek infrastruktur mendapat sokongan dana dari China.

“Sokongan tersebut berupa soft loan,” ucap Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Dedy Supriadi Priatna, hari ini (14/1/2011).

Rincian keempatnya adalah proyek pembangunan jembatan Kendari di Sulawesi Tenggara senilai 80 juta dollar AS, pembangunan jembatan Tayan di Kalimantan senilai 65 juta dollar AS, pembangunan jalan tol Medan-Kuala Namu 475 juta dollar AS, dan pembangunan jalan tol Cisundawu senilai 250 juta dollar AS.

“Pemasukan dokumen harusnya pertengahan Januari, setelah itu baru memberikan tender harga. Itu diperkirakan April atau Mei sudah tanda tangan kontrak paling lambat Juni,” jelasnya.

Sayang, ia tak memaparkan lebih detail terkait soft loan yang berasal dari negeri tirai bambu itu. Yang jelas, China menyatakan telah menunjuk kontraktor asal China yang akan turut serta menggarap proyek tersebut.

“China sudah bicara dengan Kementerian PU tentang jumlah kontraktor dan merekomendasikan masing-masing tiga kontraktor untuk setiap proyek. Nantinya mereka konsorsium dengan perusahaan Indonesia,” tutupnya. (Irma Yani/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com