Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PIP Siagakan Rp 300 Miliar

Kompas.com - 19/01/2011, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Investasi Pemerintah atau PIP menyiagakan dana Rp 300 miliar pada tahun 2011 untuk membebaskan lahan yang akan digunakan pada proyek-proyek infrastruktur utama, baik jalan tol maupun pembangkit listrik. Dana tersebut akan digunakan untuk proyek-proyek infrastruktur yang termasuk dalam skema kerjasama antara pemerintah dan swasta atau PPP.

"Dana itu kami siagakan saja dan siap digunakan setiap saat. Dana tersebut sudah kami masukan dalam Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) PIP," ungkap Kepala Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Soritaon Siregar di Jakarta, Rabu (19/1/2011).

Menurut Soritaon, dana tersebut sudah siap digunakan untuk proyek infrastruktur yang mana pun juga, termasuk pembangunan pembangkit listrik tenaga uap 2X1.000 megawatt di Jawa Tengah. "Kemungkinan besar, dana itu akan terpakai pada tahun 2012," katanya.

PIP dikelola dalam bentuk Badan Layanan Umum (BLU). BLU merupakan konsep baru dalam pengelolaan keuangan negara. Konsep ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan fleksibilitas pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi, produktivitas, dan penerapan praktik bisnis yang sehat sebagaimana dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLU. Ketentuan ini mengharuskan BLU untuk menyusun RBA yang mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Bisnisnya.

Pada RBA Tahun 2011, PIP berusaha mengembangkan instrumen portofolio investasinya. Dana kelolaan akan dialokasikan pada investasi pinjaman, penyertaan modal, dan surat berharga.

Investasi pinjaman diarahkan untuk meningkatkan peran PIP dalam mengembangkan pola investasi kerja sama pemerintah swasta, serta memicu pembangunan infrastruktur daerah. PIP yang merupakan bagian dari pemerintah juga mendukung program untuk mereduksi dampak pemanasan global melalui pendirian anak perusahaan yang akan bergerak di bidang green investment.

Adapun, investasi pada surat berharga diarahkan untuk pembelian saham untuk investasi jangka panjang termasuk pembelian saham dan atau surat utang dalam rangka antisipasi jika terjadi capital outflow (sudden reversal). Disamping itu, pada tahun 2011, PIP juga dipercaya untuk mengelola Endowment Fund dan Dana Cadangan Pendidikan yang diproyeksikan akan diserahkan seluruhnya, baik dana tersebut maupun hasil dari pengelolaannya, di akhir tahun 2011 kepada BLU bidang Pendidikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com