Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Lokal Tak Terpengaruh Beras Thailand

Kompas.com - 19/01/2011, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lonjakan harga pangan dunia tidak terhindarkan lagi. Salah satunya, kenaikan harga pangan beras. Seperti dikutip Bloomberg, Asosiasi Eksportir Beras Thailand memprediksi harga beras Thailand hingga akhir tahun 2011 akan mencapai 600 dollar AS per ton atau naik 10 persen dari harga saat ini.

Hal itu cukup mengkhawatirkan sebab Indonesia menjadi salah satu importir beras dari negera Gajah Putih ini. Namun, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan, naiknya harga beras thailand tersebut tidak akan membuat harga beras dalam negeri naik meskipun Indonesia banyak mengimpor beras dari sana. "Sebab, harga beras thailand masih di bawah harga beras di dalam negeri," ujarnya, Rabu (19/1/2011).

Ia menambahkan, penghapusan bea masuk beras saat ini dapat membantu menstabilkan harga pangan dalam negeri termasuk beras. "Jadi, kami bisa menstabilkan harga beras sebelum panen raya bulan depan," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, pasokan beras di Pasar Induk Cipinang pada Januari 2011 sudah mencukupi kebutuhan masyarakat DKI Jakarta dan Jawa Barat, yaitu 28.891 ton. Pengeluaran stok beras yang digunakan selama Januari 2011 meningkat 39,8 persen dibandingkan Januari 2010 yang hanya 2,4 persen.

Sekadar informasi, berdasarkan daftar harga komoditas dari Kementerian Perdagangan, harga beras nasional untuk jenis medium saat ini berada di kisaran Rp 7.353 per kilogram dan beras IR-64 sebesar Rp 7.900 per kilogram. (Kontan/Evilin Falanta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com