Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INVESTASI

Primex India Ingin Olah Uranium Indonesia

Kompas.com - 20/01/2011, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengolah biji tambang asal India, Primex Corporation sangat berkeinginan untuk mengolah pasir besi asal Indonesia dan mengolahnya menjadi berbagai material yang jauh lebih berharga lagi, antara lain uranium, bahan pembangkit tenaga nuklir. Keinginan ini akan ditinjau oleh delegasi pemerintah Indonesia yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat berkunjung ke India dalam waktu dekat ini.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Kamis (20/1/2011) usai menghadiri Rapat Koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa tentang Persiapan Kunjungan Pemerintah ke India dan Forum Ekonomi Dunia, Davos, Swiss.

Menurut Hidayat, Indonesia tidak ingin lagi mengeluarkan atau ekspor material tambang dalam bentuk mentah, termasuk ekspor pasir besi. Sementara itu, Primex sudah menyampaikan keinginannya untuk mengolah pasir besi dari Indonesia yang kemudian diproduksi menjadi berbagai material yang lebih bernilai, baik Titanium dan Uranium.

"Jadi dari pasir besi akan ada hasilnya dalam bentuk titanium, uranium, dan banyak lagi. Akan tetapi itu harus dilakukan melalui studi terlebih dahulu. Atas dasar itu, keinginan Primex untuk investasi semacam itu di negara-negara lain harus dikawal pemerintah," ujar Hidayat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com