Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTNNT Lanjutkan Pemuatan Konsentrat

Kompas.com - 20/01/2011, 14:49 WIB

BATU HIJAU, KOMPAS.com – PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kembali melanjutkan kegiatan pemuatan konsentrat hari ini. Pemuatan konsentrat dilanjutkan mulai Kamis (20/1/2011) pukul 02.00 dini hari setelah mendapatkan arahan dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Republik Indonesia.

“PTNNT mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, provinsi dan pusat atas arahan dan bantuannya dalam memastikan bahwa pengapalan konsentrat sebagaimana mestinya sesuai hukum yang berlaku dapat dilanjutkan kembali”, kata David Lilley, General Manager Operasi PTNNT.

PTNNT menegaskan bahwa prosedur pengapalan konsentrat yang dilakukan selama ini telah sesuai dan memenuhi semua peraturan perundangan yang berlaku. Penegasan itu disampaikan setelah beberapa hari PTNNT terlibat pembahasan dan pertemuan dengan Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara - sebagai instansi pemerintah teknis yang mengawasi Kontrak Karya PTNNT – serta pemangku kepentingan pemerintah lainnya. Atas penegasan ini, PTNNT diminta oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara untuk melanjutkan kembali kegiatan pemuatan konsentrat.

Pada 13 Januari 2011, Manajemen PTNNT menghentikan sementara kegiatan pemuatan konsentrat di Pelabuhan Khusus Benete menyusul adanya perintah dari Pemda KSB dan kedatangan Sat Pol PP Pemda KSB ke lokasi tambang PTNNT. PTNNT yakin telah mematuhi setiap peraturan perundangan dan prosedur yang berlaku, sebagaimana ditetapkan dan disetujui oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara berdasarkan Kontrak Karya yang merupakan landasan hukum bagi PTNNT dalam menjalankan operasinya.

“Kami berharap kami dapat melanjutkan operasi secara aman, bertanggung jawab dan efisien, agar dapat memaksimalkan nilai dan manfaat yang diberikan PTNNT kepada pemerintah, masyarakat, karyawan dan semua pemangku kepentingan lainnya,” kata David Lilley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com