Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hipmi Jelang Suksesi

Kompas.com - 21/01/2011, 19:11 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kepengurusan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau Hipmi pimpinan Erwin Aksa mendekati masa berakhir karena hampir genap tiga tahun. Bursa pengganti Erwin sudah mulai muncul meskipun pemilihan ketua umum HIPMI baru dimulai Juli 2011.

"Kepengurusan Hipmi ini unik. Satu ketua umum hanya boleh menjabat satu kali periode selama tiga tahun. Ini akan membuka kesempatan bagi para penggantinya," ungkap Erwin Aksa di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (21/1/2011) saat berbicara dalam Sidang Dewan Pleno (SDP) II dan Musyawarah Nasional Khusus Hipmi.

Dalam kesempatan itu, seluruh BPD (badan pengurus daerah) Hipmi bertemu untuk berkonsolidasi membicarakan nasib organisasi ini ke depan termasuk menentukan calon ketua umum baru.

Menurut Erwin, di akhir masa jabatannya, HIPMI tetap fokus pada upaya memantapkan program unggulan terutama dukungan terhadap sektor usaha mikro kecil dan menengah. Selain itu dirinya tetap mendorong adanya regenerasi di tingkat BPD Hipmi seluruh Indonesia.

"Memang pada Munassus kali ini belum ada yang mendeklarasikan calon ketua umum secara terbuka," kata Erwin.

Kandidat ketua umum HIPMI periode mendatang, tutur Erwin, harus memiliki pengalaman di DPP dalam arti pernah menjadi pengurus inti baik di BPD maupun DPP. Dia juga wajib memiliki catatan yang cukup baik dari sisi memimpin perusahaan maupun organisasi serta memiliki visi,misi yg jelas terhadap perkembangan perekonomian.

Sementara itu beberapa daerah telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Munas Hipmi yang direncanakan pada Juli 2011. Erwin mengungkapkan daerah-daerah tersebut diantaranya Sulawesi Selatan, Jawa Barat, DIY, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Barat.

Sejumlah nama kandidat ketum HIPMI telah beredar di ajang Munassus Hipmi kali ini. Ini antara lain Silmi Karim (Presiden Direktur Kodel Grup) yang menjabat Kepala Bidang Perbankan di DPP Hipmi, Lalu Harry Warganegara (CEO BUMD Sulbar) saat ini menjabat Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Raja Okto Saptahari (anak dari Oesman Sapta), serta Taufan Rottorasiko (menantu Aburizal Bakrie).

Sidang dewan pleno II dan Munassus Hipmi hari ini dihadiri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koperasi UKM Syarif Hasan, Mendagri Gamawan Fauzi, dan Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com