Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Realisasi Investasi Meningkat

Kompas.com - 24/01/2011, 14:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan realisasi investasi pada 2010 meningkat dibandingkan periode sebelumnya.

Kepala Negara dalam keterangan pers di ruang VVIP Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (24/1/2011), sebelum bertolak ke India dan Swiss mengatakan realisasi investasi 2010 di luar migas dan perbankan mencapai Rp 208,5 triliun, 25 persen lebih tinggi dari sasaran yang ditetapkan. "Tahun 2009, nilai realisasi invastasi Rp 135,1 triliun, dari 2009 ke 2010 ada kenaikan realisasi sebesar 54 persen," katanya.

Presiden mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu dari upaya pembangunan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Sebagaimana diketahui salah satu pilar pembangunan yang kita laksanakan adalah terus tingkatkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan kalau perekonomian kita tumbuh, harus tingkatkan investasi selain belanja pemerintah dan konsumsi masyarakat, ekspor juga sebagai prioritas," kata Presiden.

Kunjungan Presiden ke India, kali ini selain menjadi tamu kehormatan dalam upacara peringatan hari republik India juga dalam upaya meningkatkan kerjasama ekonomi.

Menurut Kepala Negara, hubungan dagang Indonesia dan India mengalami peningkatan signifikan dalam lima tahun terakhir, pada 2005 total perdaganag 4 miliar dollar AS, pada 2010 mencapai 12 miliar dollar AS naik tiga kali lipat. "Indonesia mitra dagang nomor dua terbesar India di negara ASEAN," kata Presiden.

Selain ke India, Presiden dan rombongan juga akan melakukan kunjungan kerja ke Davos, Swiss untuk menghadiri forum ekonomi dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com