Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neraca Perdagangan ke Swedia Anjlok

Kompas.com - 08/02/2011, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2011 kantor Kementerian Perdagangan menargetkan neraca perdagangan sebesar 1,2 juta dollar AS ke Swedia. Target tersebut sama dengan posisi neraca pada tahun 2008 . Selama dua tahun terakhir, neraca perdagangan ke Swedia anjlok ke posisi 800 juta dollar AS.

Pada tahun 2009-2010, neraca perdagangan ke Swedia hanya berkisar 800 miliar dollar AS, padahal tahun 2008 posisinya pernah mencapai 1,2 miliar dollar AS. "Makanya kami fokus untuk mengembalikan posisi tahun 2008," kata Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, dalam jumpa pers bersama Menteri Perdagangan Swedia, Ewa Bjorling, Selasa (8/2/2011) di Jakarta.

Menurut Mari, penurunan neraca perdagangan ke Swedia lebih banyak disebabkan krisis ekonomi global. Selama ini komposisi neraca juga masih defisit. Posisi defisit tersebut terjadi sejak tahun 2005. Tahun 2010 misalnya ekspor tercatat 144 juta dollar AS, sementara impornya 664 juta dollar AS. Komoditas ekspor didominasi palm oil, furniture, dan peralatan eletronik. Barang-barang yang diimpor seperti peralatan telekomunikasi, komponen mesin motor, dan mesin-mesin industri kertas.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com