Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batavia: Penerbangan ke Jeddah Hanya Dikurangi

Kompas.com - 09/02/2011, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Maskapai penerbangan Batavia Air menegaskan pihaknya hanya mengurangi penerbangan ke Jeddah dan tidak menghentikan penerbangan ke kota di Arab Saudi tersebut.

"Perlu kami jelaskan bahwa Batavia Air tidak menghentikan penerbangan ke Jeddah akan tetapi mengurangi frekuensi penerbangannya ke Jeddah,: tegas Pubic Realtions Manager Batavia Eddy Haryanto dalam emailnya kepada Kompas.com.

Disebutkannya, Batavia akan melakukan penerbangan lagi ke Jeddah mulai 21 Februari 2001 saat ini. " Saat ini pemesanan kursi untuk terbang ke Jeddah mulai tanggal 21 Februari sampai Agustus 2011 sudah hampir penuh," katanya.

Mengenai penghentian penerbangan, ia menjelaskan karena penerbangan ke Jeddah selalu subject to visa (tergantung dari visa yang dikeluarkan kedutaan Arab Saudi). Kedutaan Arab Saudi menghentikan sementara penerbitan visa umrah sebelum Idul Fithri tahun 2010 dan akan menerbitkan kembali pada pertengahan bulan ini. "Sehingga kami mengurangi frekuensi penerbangan ke Jeddah," ujarnya seraya menambahkan pasar penumpang Batavia adalah Haji plus, umrah dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Singayudha Gumay mengatakan, Batavia dan Lion Air telah berhenti melayani untuk sementara penerbangan Jakarta-Jeddah sejak beberapa pekan lalu. "Saat ini sedang sepi. Karena itu, Lion dan Batavia menghentikan operasinya sementara. Saat peak season, maka mereka beroperasi lagi," kata Herry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com