Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus Berhasil Jual 10.000 Pesawat

Kompas.com - 10/02/2011, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga 2011, Airbus telah berhasil menjual lebih dari 10.000 pesawat kepada lebih dari 430 pelanggan maskapai penerbangan dan telah mengirim lebih dari 6.500 pesawat sejak pertama kali melayani kebutuhan pesawat terbang berbadan besar.

Sejauh ini, menurut Marketing Director Executive Privae Aviation Airbus, David Velupillai, Airasia Indonesia yang berbasis di Jakarta merupakan pemesan terbanyak di kawasan Asia Tenggara.

Diutarakan David, keterlibatan Airbus di Indonesia dimulai sejak Februari 1979, ketika itu Garuda Indonesia memesan 9 pesawat Airbus A300B4 orisinal, pesawat bermesin ganda dan berbadan lebar pertama di dunia. Pemesanan pesawat Airbus oleh maskapai penerbangan Indonesia hingga 2015 mencapai 29 unit senilai Rp 20 triliun. Pesanan tersebut dipegang oleh dua maskapai nasional.

Menurut Media Relations Manager Airbus Stephanie Henrion, kedua maskapai yang memesan pesawat itu adalah Garuda Indonesia sebanyak 5 pesawat dan Airasia Indonesia 24 pesawat yang akan dikirimkan hingga 2015. "Untuk Airasia jenis A320 dan Garuda A330. Semuanya sudah dalam proses pengerjaan," ujarnya..

"Airbus terus berupaya membantu maskapai-maskapai di seluruh dunia dalam hal kebutuhan pesawat yang disesuaikan dengan setiap keperluan maskapai penerbangan di seluruh dunia," ujar Stephanie. (Budi Prasetyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com