Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trimegah Targetkan Dana Kelolaan Rp 5,5 T

Kompas.com - 16/02/2011, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trimegah Sekuritas Tbk (TRIM) menargetkan dana kelolaan PT Trimegah Asset Management (TRAM) sampai akhir tahun ini mencapai Rp 5,4 triliun – Rp 5,5 triliun. Meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dana yang telah dikelola TRAM hingga tahun 2010 sebesar Rp 2,7 triliun.

Direktur Utama TRIM Omar Sjawaldy Anwar,  menjelaskan, setelah kegiatan usaha sebagai Manajer Investasi dilakukan oleh anak perusahaannya yakni TRAM, pihaknya akan mendorong anak perusahaannya ini untuk semakin fokus menggarap pasar reksa dana. “Selain menciptakan transparansi, TRAM juga akan semakin fokus menggarap bisnis utamanya,” jelas Omar S. Anwar di Jakarta.

Menurut Omar, potensi bisnis reksa dana masih cukup besar. Di samping jumlah simpanan nasabah di perbankan yang mencapai sekitar Rp 2.200 triliun, pemahaman masyarakat terhadap produk reksa dana juga terus meningkat.

Pada tahun 2010, nilai investasi masyarakat di reksa dana sekitar Rp 149,09 triliun. Jumlah itu naik 27,72 persen daripada tahun 2009 sebesar Rp 116,73 triliun. Adapun jumlah investor reksa dana telah mencapai 353.704 nasabah.

Omar menambahkan, nilai investasi di reksa dana yang masih dibawah 10 persen dari dana simpanan di perbankan terhitung cukup kecil. Sementara jumlah investornya juga baru sekitar 0,1 persen dari total penduduk Indonesia yang mencapai 232 juta orang. “Mestinya nilai investasi di reksa dana bisa di atas 10 persen dari simpanan di perbankan,” tambahnya.

Omar mengatakan, idealnya, jumlah investor di pasar modal itu sekitar 1 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 2,3 juta orang.

Untuk memaksimalkan peluang tersebut, TRAM berencana menggandeng sejumlah bank guna menjaring nasabah reksadana. Saat ini sudah ada enam bank yang menjadi partner bagi pemasaran produk-produk TRAM, dan TRAM sedang menjajaki untuk bekerja sama dengan empat bank lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com