Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen 1 Miliar Dollar Chaerul Tanjung

Kompas.com - 18/02/2011, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemimpin dan pendiri Para Groups, Chairul Tanjung disebut-sebut sudah memberikan komitmen kepada pemerintah untuk menanamkan modal tambahan di Indonesia sebesar satu miliar dollar AS atau sekitar Rp 8,8 triliun. Pemerintah mencatatnya sebagai bagian dari optimisme investasi yang akan dialirkan kalangan pebisnis domestik tahun 2011.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Jumat (18/2/2011), namun tidak menyebutkan sektor apa yang diminati Para Groups.

Menurut Hatta, pemerintah berharap investasi baru yang akan datang dari pihak swasta Korea Selatan akan melebihi 20 miliar dollar AS, lebih tinggi dibanding harapan pemerintah sebelumnya, yakni 15 miliar dollar AS. Itu diharapkan akan bertambah dengan kucuran belanja modal BUMN dalam negeri yang diharapkan mencapai 40 miliar dollar AS.

"Saya berharap, dari swasta dalam negeri tidak kurang dari 40 miliar dollar AS. Sementara ini saya belum bertemu langsung, namun saya sudah ancar-ancar, untuk mendapatkan dua miliar dollar AS tidak akan sulit, karena dari Pak Chairul Tanjung satu miliar dollar AS," ujarnya.

Sebelumnya, Hatta menegaskan akan memberi insentif yang lebih banyak bagi investor asing yang bersedia menanamkan modalnya di Indonesia bagian timur. Semakin ke barat, insentif akan semakin sedikit karena di wilayah itu sudah tersedia infrastruktur yang lebih lengkap dibandingkan kawasan timur Indonesia.

Hatta berkunjung ke Korea Selatan sebagai utusan k husus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyampaikan surat resmi pemerintah Indonesia kepada Presiden Korea Selatan Lee Myun Bak. Menurut Hatta, investasi yang akan masuk dari Korea Selatan diarahkan untuk ditanamkan di Sumatera atau Kalimantan. Ini selaras dengan prinsip dasar pengembangan enam Koridor Ekonomi Indonesia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com