Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Sangasanga Tarakan 7.300 Barrel

Kompas.com - 19/02/2011, 19:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit Bisnis Pertamina EP Sangasanga Tarakan meningkatkan produksi hingga mencapai 7.300 barrel per hari. Hal ini menambah optimisme perseroan itu dalam meningkatkan produksi di lapangan-lapangan minyak dan gas bumi alih kelola.

Menurut General Manager Pertamina EP Unit Bisnis (UBEP) Sangasanga Tarakan Satoto Agustono, dalam siaran pers, Sabtu (19/2), di Jakarta, peningkatan produksi itu merupakan kontribusi dari upaya optimalisasi produksi di sejumlah sumur di North Kutai Lama, Kalimantan Timur.

"Kami melakukan optimasi performance pada sumur NKL 1013 yang sebelumnya berada pada kisaran 600 barel, kini produksinya kami tingkatkan dan bisa menyentuh 1.000 barel. Selanjutnya reparasi sumur NKL 1010 yang meningkatkan produksi jadi 500 barel. Adapun pemasangan pompa elektrik pada sumur NKL 1014 meningkatkan 100 barrel," ujarnya.

Target produksi untuk UBEP Sangasanga Tarakan pada tahun 2011 sebesar 6.070 barr el per hari. Pencapaian produksi 7.366 barrel per hari pada 16 Februari 2011 lalu, memberi kontribusi signifikan terhadap angka total produksi secara keseluruhan. "Total produksi UBEP Sangasanga Tarakan hingga saat ini 6.636 barrel per hari atau sekitar 108 persen terhadap target tahun 2011," tegasnya.

Alih kelola lapangan Sangasanga Tarakan dilakukan Pertamina EP seiring dengan berakhirnya kontrak TAC Pertamina-Medco Kalimantan pada 14 Oktober 2008 lalu. Selanjutnya pengelolaan lapangan terhitung mulai 15 Oktober 2008 dilaksanakan Pertamina EP melalui Unit Bisnis Pertamina EP (UBEP) Sangasanga Tarakan.

Paska alih kelola, produksi lapangan itu menunjukkan tren peningkatan signifikan. Pada tahun 2008 produksi minyak 4.300 barel per hari. Setelah alih kelola, Pertamina EP meningkatkan produksi jadi 5.300 barel per hari. Menjelang akhir tahun 2010 lalu produksinya bertambah hingga mencapai 6.309 barel dan pada pertengahan Februari lalu mencapai 7.366 barrel per hari.

"Saat ini kami sedang melaksanakan pemboran pengembangan sumur NKL 1015 dan diharapkan dapat memberikan kontribusi peningkatan produksi," ujarnya.

Selain itu, lapangan Sangasanga dan Tarakan telah melakukan upaya terkait dengan Ketaatan Lindungan Lingkungan.

UBEP Sangasanga dan Tarakan adalah unit bisnis Pertamina EP yang bertugas mengelola wilayah kerja Sangasanga dan Tarakan. Wilayah yang dikelola terdiri dari area Sangasanga seluas 5.325,5 Ha, area Anggana/NKL 6.181,1 Ha, dan area Samboja 1.840 Ha. Lapangan Sangasanga Tarakan sebelumnya dikelola Technical Assistance Contract (TAC) Pertamina-Medco Kalimantan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com