Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Investasi 228,2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 24/02/2011, 14:22 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — China merencanakan investasi lebih dari 1,5 triliun yuan (228,2 miliar dollar AS) untuk industri penerbangan selama lima tahun ke depan untuk memenuhi permintaan yang melonjak karena ekonomi negara itu sedang "booming." 

"Pada 2015, China diperkirakan mempunyai lebih dari 220 bandara komersial dan jumlah armadanya akan diperluas menjadi lebih dari 4.500 pesawat," kata Li Jiaxiang, Kepala Administrasi Penerbangan Sipil China (Civil Aviation Administration of China -CAAC) kepada pers, Kamis (24/2/2011).

"Kemampuan sektor penerbangana sipil untuk melayani ekonomi nasional dan publik akan menjadi lebih kokoh pada saat itu," kata Li.

Saat ini negara Panda itu memiliki 175 bandara komersial yang beroperasi dan mempertahankan lebih dari 2.600 pesawat dalam armadanya.

China memiliki 43 pesawat, termasuk delapan armada milik swasta. Perusahaan penerbangan terkemuka di negara itu adalah Air China, China Southern Airlines, dan China Eastern Airlines.      Permintaan untuk lalu lintas udara sedang booming karena ekonomi terbesar kedua dunia itu melambung hampir mendekati pertumbuhan dua digit, dan meningkatnya masyarakat China yang melakukan perjalanan.

Li sebelumnya mengatakan bahwa armada penerbangan sipil memperkirakan bertambah hingga mencapai 5.000 pesawat pada 2015, menurut laporan media China sebelumnya.

Ia memprediksikan bahwa 450 juta sampai 500 juta perjalanan penumpang udara akan terjadi setiap tahun pada 2015, dan CAAC bermaksud untuk memperluas targetnya menjadi 1,5 miliar pada 2030, demikian menurut laporan tersebut.

Angka resmi menunjukkan total 267 juta penumpang udara melakukan lawatan di mana dicatat di China pada 2010, naik 15,8 persen dibanding tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com