Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba di 4 Bank Telah Dilakukan

Kompas.com - 03/03/2011, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bersama dengan Mandiri, Permata, BCA, dan CIMB Niaga, telah melakukan uji coba sistem pemisahan rekening dana nasabah, mulai akhir tahun lalu.

"Inisiatif mengenai single identity (SIID) dari para investor merupakan inisiatif dari KSEI, yang disampaikan kepada empat Payment Bank (PB). Ini kerja keras yang sudah dimulai tahun 2010. CIMB Niaga telah melakukan proses uji coba, sedangkan KSEI sendiri telah melakukan proses transisi. Kami berterima kasih atas kepercayaan KSEI, juga atas transisi yang membantu kami," jelas Wakil Direktur Utama CIMB Niaga Catherine Hadiman, Kamis (3/3/2011).

Catherine menambahkan, uji coba yang telah dilakukan dengan perusahaan efek dan nasabah sejak akhir tahun lalu ini penting, agar jangan sampai terjadi masalah ketika nasabah membuka rekening. Baik real on-time dan on-line yang menjadi syarat dari KSEI untuk kenyaman nasabah nantinya, harus dipenuhi.

Dikatakannya, uji coba berupa penyediaan infrastruktur, dan menandatangani MoU. Sedangkan, uji coba pembukaan rekening tidak banyak, karena sifatnya yang sukarela. "Untuk pembukaan rekening lebih lanjut, perlu "payung", yaitu penandatanganan kerjasama hari ini," jelasnya.

Secara keseluruhan, hasil uji coba di keempat bank berlangsung dengan baik, tanpa ada kendala yang berarti.

Keuntungan

Mengenai keuntungan dari pemisahan rekening dana nasabah yang berjumlah sekitar 330.000 sub-account dengan sepertiganya sudah punya SIID,Chaterine menambahkan, dengan resiko yang semakin besar maka ritelnya pun semakin besar. Dengan ritel yang makin tambah, maka pelanggannya pun bertambah juga. "Rekening di bank selama ini hanya perusahaan efek, dengan adanya pemisahan ini (rekening dana nasabah), nasabah juga buka rekening, maka ini akan bertambah. Domino efeknya, dengan pembukaan produk-produk bank, seperti deposito, pun akan besar," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com