Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santos Akan Perbaiki Anjungan Produksi

Kompas.com - 04/03/2011, 17:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Santos Indonesia, Jumat (4/3/2011), mengumumkan produksi dari lapangan lepas pantai Maleo akan mengalami interupsi karena pengerjaan perbaikan pada anjungan produksinya. Meski demikian, kontraktor migas itu akan berupaya agar kegiatan operasi minyak dan gas bumi di lapangan Oyong dan Maleo di Selat Madura tetap berproduksi maksimal.  

 

Hasil inspeksi rutin pada anjungan jack up Maleo yang disewa Santos menunjukkan perlu ada pengerjaan perbaikan pada fasilitas produksi bergerak (Mobile Oil Production Unit /MOPU). Perbaikan itu rencananya dilaksanakan antara April dan Juni 2011.  

 

Dalam tenggang waktu itu, ada kemungkinan penghentian operasi sementara 15 hari untuk memastikan perbaikan berjalan aman dan efisien. Santos bekerja sama dengan BPMIGAS berupaya meminimalkan kemungkinan penghentian operasi (shutdown) dan pengerjaan perbaikan itu diharapkan tak berdampak secara material pada produksi Santos di tahun 2011.  

 

Presiden dan General Manager Santos Indonesia, Marjolijn Wajong, dalam siaran pers, di Jakarta, menyatakan kontribusi Santos di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Timur, sangat signifikan. Santos juga bertekad menjalankan usaha minyak dan gas sesuai dengan prinsip-prinsip usaha yang berkelanjutan.  

 

"Santos menyadari bahwa kebutuhan energi listrik dan gas untuk industri di wilayah Jawa Timur bersifat sangat strategis dalam menunjang kegiatan ekonomi provinsi maupun nasional. Oleh karena itu, kami mencoba sedapat mungkin tetap berupaya memenuhi kebutuhan energi yang ada," kata Marjolijn Wajong.  

 

Lapangan Maleo yang berlokasi di wilayah Kabupaten Sumenep memproduksi gas sejumlah rata rata 120 mmcfd yang diserap Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk dimanfaatkan berbagai industri di Jawa Timur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com