Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 108 Triliun untuk Program Pro Rakyat

Kompas.com - 06/03/2011, 16:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp 108 triliun untuk menggalakkan program pro rakyat. Dana tersebut akan dialokasikan untuk enam program pro rakyat tahun ini.

Keenam program pro rakyat itu ialah perumahan murah, listrik murah, fasilitas untuk nelayan, kendaraan murah di pedesaan, program air bersih, dan program penanggulangan kemiskinan.

"Anggaran pro rakyat sekitar Rp 108 triliun kita arahkan untuk program penanggulangan kemiskinan klaster IV," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo, akhir pekan lalu.

Namun, lanjutnya, jika anggaran tersebut dirasa kurang maka akan masuk dalam pembahasan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011. "Kalau nanti masih perlu dana tambahan, itu akan kita bicarakan di APBN-P," tuturnya.

Sayang, Agus belum bisa merinci berapa alokasi dana untuk tiap program tersebut. Hanya saja, untuk rumah murah, Menkeu memaparkan seharga Rp 20 juta hingga Rp 25 juta per unit. Adapun rumah sangat murah seharga Rp 5 juta hingga Rp 10 juta dan telah disiapkan anggarannya. "Saya yakin programnya ada, tapi jumlah (rumah) berapa saya harus cek dulu," katanya.

Namun, Menkeu merisaukan okupansi rumah yang sudah ada. Dari total 180 rusunawa dan rusunami yang sudah jadi, ada 63 tower rusunawa dan rusunami yang kondisinya masih kosong di lingkungan Jabodetabek dan Surabaya. Karena itu, ia meminta pemerintah daerah bisa berkoordinasi bersama-sama untuk segera mengatasi hal ini.

Agus berujar, 63 tower yang masih kosong itu terkait isu masing-masing. "Ada beberapa isu yang mesti ditangani, mulai dari kepemilikan tanah pemda, bangunan Kemenpera atau Kementerian PU, dan sebagainya. Perlu ditegaskan pula soal listrik dan air, selain itu meyakinkan ada infrastruktur yang memadai khususnya untuk parkir ataupun jalan lintas," tandasnya. (Irma Yani/Kontan)

----------------------------------------------------------------------------

Baca juga: Resep Kurangi Kemiskinan ala Kalla

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com