Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia AirAsia Ambil Alih Jakarta-Kinabalu

Kompas.com - 06/03/2011, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rute penerbangan Jakarta-Kota Kinabalu, Malaysia, milik maskapai penerbangan nasional PT Indonesia AirAsia (IAA) akan diambil alih Malaysia AirAsia (MAA). Maskapai yang masih bernaung dalam grup AirAsia itu akan mulai melakukan penerbangan pada 2 April 2011.

Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia Dharmadi mengatakan, pihaknya menutup rute Jakarta-Kota Kinabalu agar penerbangan ke kota itu bisa lebih efektif. Dharmadi mengatakan penerbangan ke Kota Kinabalu biasanya dilakukan pada malam hari hingga penumpang harus menginap. ”Tapi untuk rute itu, Malaysia AirAsia akan melakukan penerbangannya pada siang hari,” kata Dharmadi.

Dharmadi menyebut, penutupan rute ke Kota Kinabalu juga terkait permintaan dari Pemerintah Sabah untuk pindah terminal. Sebelumnya, AirAsia secara grup menempati terminal dua, namun otoritas bandara di Kota Kinabalu meminta mereka untuk menempati terminal satu. Padahal, selain biaya yang harus dibayar di terminal baru lebih mahal, terminal itu dinilai tidak cukup untuk operasional penerbangan AirAsia di bandara itu.

Terkait masalah itu, Dharmadi mengatakan mereka sudah bertemu dengan pejabat terkait di sana. Hasilnya, AirAsia secara grup tetap bisa menggunakan terminal dua. Namun, untuk efektivitas penerbangan, MAA akan mengambil alih rute Jakarta-Kota Kinabalu dari Indonesia AirAsia. ”Selanjutnya kami akan mengalihkan rute kami menjadi Jakarta-Phuket,” tutur Dharmadi.

Corporate Communication Manager PT Indonesia AirAsia Audrey P Petriny mengatakan, selama ini rute Jakarta-Kota Kinabalu memiliki load factor 70 persen. Dengan penerbangan pada siang hari oleh MAA, iperkirakan akan terjadi peningkatan 5 persen hingga 10 persen. ”Penumpangnya kebanyakan para pebisnis,” ujar Audrey.

Sementara itu, AirAsia juga tengah berencana membangun hub baru di Makassar pada 2012 nanti. Dari sana mereka akan melakukan penerbangan rute internasional, seperti Hong Kong, Singapura, Filipina, dan Brunei.

Tahun ini Indonesia AirAsia akan membuka rute penerbangan baru Surabaya-Singapura dan Medan-Singapura. ”Jika izinnya bisa cepat keluar, kami sudah bisa membuka rute itu tiga atau empat bulan ke depan,” kata Dharmadi.

Dharmadi mengatakan maskapai penerbangan berbiaya hemat itu masih mengutamakan penerbangan pada rute-rute internasional. Saat ini perbandingan antara rute internasional dan domestik dari Indonesia AirAsia adalah 80:20. (Sofyan Nur Hidayat/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com