Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Pajak Impor Film Beres Akhir Bulan?

Kompas.com - 06/03/2011, 22:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik optimistis kisruh soal pajak impor film akan selesai pada akhir bulan ini. Hari itu juga bertepatan dengan hari perfilman nasional yang jatuh pada 30 Maret mendatang.

"Kita lihatlah nanti. Ya target saya itu, saya umumkan pada hari perfilman itu," ujarnya, Jumat (4/3/2011).

Dirinya pun memastikan jika saat ini pemerintah sedang dalam tahap finalisasi terkait kebijakan pajak impor film, termasuk bea masuk, royalti, dan bea edar. "Segera minggu depan, Menko Perekonomiaan, saya, dan Menkeu di sana kita akan bahas, jadi ada nuansa perpajakan, tapi juga ada nuansa politik perfilman," paparnya.

Tak heran jika Jero Wacik sangat optimistis persoalan pajak film dapat beres. Beres yang dimaksud di sini adalah perpajakan itu melindungi perfilman nasional, mendorong produksi film nasional, dan pintu impor tetap terbuka.

Polemik ini bermula karena belum tercapai titik temu soal berapa kisaran beban pajak yang bisa diterima. Sebelumnya, pemerintah menerapkan tarif bea masuk film impor sebesar 23,75 persen dan royalti senilai 43 sen dollar Amerika Serikat.

Asal tahu saja, Motion Picture Assosiation of America (MPAA) menghentikan impor film ke Indonesia. MPAA mengambil langkah tersebut lantaran adanya aturan bea masuk atas hak distribusi film impor di Indonesia.

Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Keuangan (SE Menkeu) Nomor 3 Tahun 2011 yang berlaku pada Januari 2011 ini. MPAA menilai kebijakan itu memberatkan sehingga mereka menyetop distribusi film ke Indonesia. (Yudho Winarto/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com