Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Direksi Bank BUMN Segera Diganti

Kompas.com - 15/03/2011, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengisyaratkan ada lima direksi bank pelat merah yang akan dirombak. Bukan disebabkan oleh masalah, namun ada direksi yang habis masa jabatannya.

Deputi BUMN Bidang Perbankan dan Jasa Keuangan Parikesit Suprapto menjelaskan pergantian direksi dan komisaris itu terkait masa jabatan yang sudah habis dan ada pula yang diperpanjang masa jabatannya.

"BRI ada 2, Bank Mandiri ada 3 direksi yang akan diganti," ujar Parikesit, Selasa (15/3/2011).Sayangnya, Parikesit masih bungkam terkait direksi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang bakal dirombak.

Namun berdasarkan sumber KONTAN, tiga direksi BMRI yang bakal dirombak adalah Direktur Treasury and Special Asset Management BMRI Thomas Arifin, Direktur Manajemen Risiko BMRI Sentot A Sentausa dan Direktur Mikro dan Retail Banking BMRI Budi Gunadi Sadikin.

Sedangkan di BRI, direksi yang bakal diganti adalah Direktur Korporasi BRI Sulaiman Arief Arianto, Direktur Bisnis dan Konsumer BRI Toni Soetirto, Direktur UMKM Bambang Soepeno, Direktur Operasional BRI Sarwono Sudarto, Direktur Pengendalian Risiko Kredit BRI Lenny Sugihat. Serta ada 1 komisaris independen Baridjussalam Hadi.

"Pergantian direksi tidak harus yang sudah menjabat lebih dari dua kali. Bisa saja dia diperpanjang. Semua tergantung komisaris," jelasnya.

Nantinya, komisaris akan menyeleksi direksi yang akan dirombak dan menyerahkan ke Komite Nominasi dan Remunerasi, yang dibentuk di bawah komisaris.

Namun, Parikesit juga enggan memerinci direksi BMRI yang bakal ikutan diganti. Sampai saat ini, pemerintah hanya memberikan usulan calon direksi dan hasilnya akan ditentukan oleh Komite Remunerasi dan Nominasi di BMRI ataupun pihak Komisaris di BRI.

"Memang ada 3 direksi, tapi saya tidak bisa sebut nama," kata Komisaris BMRI Krishna Wijaya. Selain itu, Komisaris Independen BRI Aviliani juga mengungkapkan hal senada. Ternyata, ada 5 direksi yang sudah habis masa jabatannya.

"Tapi masih berpeluang diperpanjang. Kalau kinerjanya bagus, maka belum akan diganti," kata Aviliani. Aviliani menambahkan di lima tahun pertama kepengurusan, itu untuk membangun fondasi. Selanjutnya, akan membangun bank secara keseluruhan. Kendati demikian, Aviliani enggan menjelaskan siapa direksi yang akan diganti. (Didik Purwanto/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com