Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Beku Impor dari Perairan RI

Kompas.com - 22/03/2011, 10:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kementerian Kelautan dan Perikanan mensinyalir sejumlah ikan beku impor yang masuk ke Indonesia berasal dari perairan Indonesia. Ikan itu dimanipulasi seolah-olah merupakan produk dari negara pengirim.

“Modus itu terjadi sudah agak lama, dengan memanfaatkan era pasar bebas,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, di Jakarta, Senin (21/3/2011).

Hingga Senin sore, pihaknya menahan sekitar 5.300 ton ikan beku impor di sejumlah pintu masuk pelabuhan dan Bandar udara karena dinilai tidak memiliki izin impor hasil perikanan.

Penahanan itu tersebar di Pelabuhan Belawan di Medan, Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Perak di Surabaya, Tanjung Mas di Semarang, dan di Bandar Udara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Pihaknya memberikan waktu satu minggu kepada para importir untuk mengurus proses pemulangan (re-ekspor) ikan impor tersebut ke negara asal.

Kepala Bidang Penyidikan dan Penindakan Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok Bonar Lumban Raja, mengemukakan, jumlah ikan impor yang masuk lewat pelabuhan itu setiap tahun mencapai 100.000 ton. Adapun sebagian besar ikan impor itu berasal dari China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com