Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja PLN Ternodai 2 PLTA

Kompas.com - 23/03/2011, 09:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Secara keseluruhan, kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada tahun 2010 menunjukkan hal yang positif. Untuk produksi, PLN mengalami peningkatan produksi tenaga listrik mencapai 169.785 GWH. Sedangkan untuk penjualan, PLN membukukan 147.297 GWH. Jumlah pelanggan pun bertambah sekitar 2,3 juta pelanggan, menjadi 42,4 juta pelanggan.

Namun, kinerja PLN yang dinilai baik oleh rata-rata anggota Komisi VII dinodai oleh satu masalah mengenai hilangnya listrik dari 2 PLTA. "Kami ingin menyampaikan satu masalah yang sangat aktual, tentang sejak 1 bulan ini PLN kehilangan listrik 1.300 MW dari PLTA Siguling dan Cirata," ujar  Direktur Utama PLN Dahlan Iskan di DPR, Selasa (22/3/2011).

Menurut Dahlan, ini disebabkan oleh air yang mengalir di Sungai Citarum menurun sangat drastis. Jadi siang tidak bisa dihidupkan sama sekali karena air tidak cukup sehingga terkadang yang hidup 1-2 unit pada malam hari.

PLN, menurutnya, sedang mencari tahu mengapa debit air bisa berkurang secara drastis. Sejauh ini, PLN menyatakan mampu menangai hal itu sehingga masyarakat Jakarta hampir tidak merasakan dampak masalah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com