Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri "Online" Tumbuh Pesat

Kompas.com - 26/04/2011, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tumbuhnya mobile internet membantu industri online berkembang pesat, bahkan juga turut mengembangkan jejaring sosial. 

"Industri online di Indonesia sih saya lihat berkembang pesat karena saya player sudah 15 tahun," sebut Chairwomen IDBYTE Shinta Dhanurwardoyo, seusai menggelar konferensi pers terkait penyelenggaraan IDBYTE 2011, yang sedianya akan dilaksanakan di Pacific Place, Jakarta, pada 11-14 Juli 2011. 

Menurut dia, hampir setiap orang kini telah menggunakan koneksi internet lewat telepon genggam ketimbang penggunaannya dengan menyambung lewat laptop. 

Tumbuhnya industri online ini tidak hanya terlihat dari tumbuhnya para pengguna sosial media, di mana kini Indonesia menjadi pengguna Facebook terbesar kedua dan pengguna Twitter terbesar keempat di dunia. Tetapi juga dapat dilihat dari pengeluaran iklan online yang dapat mencapai Rp 600 miliar pada tahun ini. "Akan terus berkembang, karena kita lihat sendiri dari para pengguna mobile juga terus berkembang, pengguna internet juga berkembang," tuturnya.

Namun, mengenai perdagangan online, ia belum bisa menyebutkan berapa angka yang pasti, mengingat masyarakat masih menggunakan cara pembayaran fisik dan transfer, dibandingkan dengan kartu kredit. "Kalau orangnya pakai credit card, itu mudah banget kita trace," jelasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com