Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratiskah Jalan Layang Non-tol?

Kompas.com - 04/05/2011, 09:16 WIB

KOMPAS.com — Benarkah dua jalan layang non-tol di Jakarta, yakni di atas ruas Jalan Pangeran Antasari-Blok M dan Kampung Melayu-Tanah Abang, nantinya dapat dilalui dengan gratis? Pertanyaan itu tiba-tiba menyeruak hadir saat menatap proyek tersebut dari balik kaca besar toko buku Times di Kemang Village.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini memang sedang mengebut dua proyek itu supaya selesai pada pertengahan tahun 2012. Jalan layang non-tol itu rencananya untuk melayani pemilik kendaraan di Jakarta yang semrawut ini.

Jalan layang non-tol Antasari-Blok M penghubung utara-selatan Jakarta, panjangnya 4,8 kilometer. Sementara jalan layang non-tol Kampung Melayu-Tanah Abang dari timur ke barat mempunyai panjang 7,3 kilometer.

Biaya untuk melayani pemilik kendaraan itu pun besar. Kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo, Jumat (26/11/2010), kepada Kompas, jalan layang Antasari membutuhkan Rp 737 miliar, sementara jalan layang Casablanca butuh Rp 735,72 miliar.

Andai dana total Rp 1,28 triliun itu dibelanjakan busway, dapat dibelikan 512 unit. Tentu saja, headway atau jarak antarbusway dapat lebih dekat sehingga warga Jakarta dapat terlayani dengan lebih baik.

Namun, mungkin tak baik berandai-andai. Dana itu telanjur digelontorkan. Uang telah dibelikan semen. Semen sudah dicampur pasir dan air. Dan proses pengecoran sudah mengeraskan semen itu menjadi tiang beton.

Dapat dipastikan, setahun lagi, jalan layang non-tol menjadi tumpuan harapan warga Jakarta untuk mencapai pusat kota. Menjadi jalan alternatif bagi warga komuter yang tinggal di Bekasi maupun Jakarta bagian selatan untuk mencapai kantor mereka.  

ERP

Kembali ke pertanyaan awal, gratiskah? Itu pertanyaan besarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com