Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu AKSes Hak Investor!

Kompas.com - 05/05/2011, 13:23 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kartu AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) merupakan hak bagi para investor untuk bisa mengecek portofolio mereka secara realtime dan online Kartu AKSes bisa meminimalisir kemungkinan adanya oknum-oknum yang nakal di perusahan sekuritas.

"Dengan mengecek rekening (Efek), kita bisa tahu (bila) ada broker-broker yang nakal," ujar Duta Kartu AKSes, Adrian Maulana dalam pertemuan dengan wartawan terkait Sosialisasi Kartu AKSes oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), di Pontianak, Kamis ( 5/5/2011 ).

Dari banyak pengalaman, lanjut dia, entah karena kesibukan pribadi para investor,  tidak jarang investor lupa pada pembelian dan penjualan portofolio yang dimilikinya. "Siapa yang bisa menjamin tidak ada oknum di perusahaan tersebut?," tambahnya.

Memang kartu AKSes yang dikeluarkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) ditujukan sebagai bentuk transparansi informasi sekaligus penerapan Good Corporate Governance pada industri pasar modal nasional.

Dengan kartu ini, seorang investor, dapat menggunakannya sebagai sarana untuk mengakses dan memonitor data serta posisi serta mutasi Efek dan sekuritas miliknya yang disimpan dalam Sub Rekening di KSEI secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com