Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Proyek ASEAN Connectivity Selesai Tahun Ini

Kompas.com - 10/05/2011, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua proyek infrastruktur di Indonesia dalam kerangka Masterplan Connectivity ASEAN, akan diselesaikan tahun ini. Hal tersebut disampaikan Menko Perekonomian Hatta Radjasa, usai meresmikan flyover Merak, di Banten, Selasa ( 10/5/2011 ).  "Dua proyek akan kita tuntaskan akhir tahun ini," ungkap Hatta.

Dua proyek tersebut, yaitu proyek yang menghubungkan power plan dari Riau ke Malaka, dan membangun transmisi 150 cafe di perbatasan Kalimantan Barat, yaitu Senggau menuju Serawak, diharapkan akan selesai akhir tahun ini.

Untuk pembiayaannya, ia menyebutkan, Asian Development Bank dan mitra ASEAN, yaitu Jepang, Korea, dan China. "Dan, juga dana dari negara-negara ASEAN sendiri," tuturnya.

Ia menyebutkan kedua proyek, yang juga merupakan bagian dari BIMP-EAGA (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philiphines-East Asean Growth Area), tersebut merupakan proyek advance.

Sedangkan, dua proyek BIMP-EAGA lainnya yang tidak termasuk dalam ASEAN Connectivity, yaitu rehabilitasi jalan di perbatasan sepanjang 70 km, 80 km serta 150 km dan jalan tol Bitung ke Manado, masih dalam pembahasan lebih jauh lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com